Sebuah jasa sewa mobil, atau lembaga
menyewa mobil adalah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu
yang singkat, Umumnya mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu.
Hal ini sering difasilitasi dengan banyak cabang lokal (yang
memungkinkan pengguna untuk kembali kendaraan ke lokasi yang berbeda),
dan terutama terletak dekat bandara atau daerah kota yang sibuk dan
sering dilengkapi dengan sebuah website yang memungkinkan pemesanan
online.
Perusahaan jasa penyewaan mobil terutama
mengutamakan pelayanan kepada orang yang membutuhkan kendaraan
sementara, misalnya mereka yang tidak memiliki mobil mereka sendiri,
para bisnisman atau wisatawan yang berada di luar kota, dan pemilik
kendaraan rusak atau hancur yang sedang menunggu perbaikan atau asuransi
kompensasi. Jasa penyewaan mobil mewah juga dapat melayani kebutuhan
perusahaan, dimana perusahaan pada era globalisasi ini enggan dalam
melakukan investasi untuk sebuah kendaraan transportasi apalagi dari
segi pemeliharaan serta manajemen driver. Perusahaan lebih mengandalkan
perusahaan sewa mobil di Surabayaoutsource untuk memfasilitasi kebutuhan
transportasi mereka.
Bersamaan dengan sewa dasar kendaraan,
agen penyewaan mobil biasanya juga menawarkan produk tambahan seperti
asuransi, global positioning system (GPS) sistem navigasi, sistem
hiburan, dan bahkan hal-hal seperti ponsel guna memberikan pelayanan
yang lebih dalam memfasilitasi kebutuhan transportasi yang mendukung.
Cikal bakal bertumbuhnya perusahaan jasa
sewa mobil di Surabayadi dunia bertolok ukur pada seorang Harris
Saunders. Saat itulah dia berjuang untuk memfasiitasi kinerjanya dengan
sebuah ide mengapa tidak menyewa mobil ? Menyewa kendaraan telah tumbuh
begitu populer dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai perusahaan jasa
sewa mobil di Surabayatumbuh dan berkembang baik dari personal maupun
yang terorganisir seperti sebuah perusahaan. Faktanya adalah
bagaimanapun, bahwa di Roma kuno, kereta kuda disewakan dan banyak jenis
kendaraan sewaan di hampir semua negara beradab. Dengan berjamurnya
pertumbuhan jasa sewa mobil di Surabayaini menambah beberapa perusahaan
produsen mobil seperti Toyota, Daihatsu dll melirik beberapa perusahaan
jasa sewa mobil di Surabayauntuk melakukan kerjasama bahkan tidak
tertutup kemungkinan melakukan investasi.
Pertumbuhan ekonomi nasional yang terus
meningkat sejak triwulan pertama 2014 telah meningkatkan investasi baru
di Tanah Air. Seiring dengan itu, kebutuhan kendaraan operasional
perusahaan juga turut meningkat. Bagaimana beberapa frontliner membidik peluang dan memanfaatkan peluang ini?
Dari data Badan Pusat Statistik (BPS)
tercatat bahwa pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2014 yang hanya
bertengger pada 5,21% mulai merangkak naik menuju 6% secara perlahan
Penulis serta pemilik Artha Raya Trans
pun mengakui, perkembangan investasi bisnis sewa mobil di Surabayayang
cukup kuat di Indonesia memang mendorong banyak kompetitor melakukan
cara yang hampir sama. Karenanya, untuk sementara ini Artha Raya Trans
tidak terlalu agresif melakukan akuisisi dan pembelian aset perusahaan
sewa sewa mobil.
“Bicara target pasti ada, dan kami tidak
menutup mata soal akuisisi serta pembelian aset. Pastinya masih terus
fokus meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan menggunakan asas
keterbukaan. Untuk tahun ini saja, sudah ada beberapa investor berkenan
melakukan kerjasama dalam investasi regenerasi unit” kata penulis.
Dalam menggapai target penambahan armada
tersebut, Artha Raya Trans mencoba memaksimalkan dua strategi untuk
memanfaatkan potensi pasar sewa yang bergerak cukup cepat. Pertama,
strategi organik, yaitu cara Artha Raya Trans memaksimalkan kualitas
layanan bagi konsumen, seperti merekrut dan mengevaluasi kembali kinerja
driver dengan beberapa evaluasi yang dilakukan.
Para driver dilatih bagaimana cara
mengemudi dengan baik. Bahkan, pelatihan etika berkendara bagi para
driver juga diberikan disaat perekrutan dan pembekalan jobs description
untuk driver. Tak hanya itu, standarisasi pelayanan Artha Raya Trans
pun cukup unik. Pasalnya, para driver juga dilatih memahami perawatan
kendaraan serta dibekali pengetahuan terkait bisnis sewa mobil. Pemilik
sekaligus penulis meyakini bahwa driver merupakan salah satu aset
perusahaan yang paling penting karena intensitasnya dalam melayani
konsumen secara langsung sebagai ujung tombak bertumbuhnya bisnis jasa
sewa mobil di Surabaya.
Strategi kedua yang dilakukan Artha Raya
Trans adalah anorganik. Artinya, selain mengalami perkembangan yang
signifikan dalam hal layanan berkualitas, kami juga mencoba mengarah
pada perluasan bisnis sewa mobil di Surabayadengan mengakuisisi
perusahaan-perusahaan sewa yang cukup potensial.
Pemilik mengakui, perkembangan investasi
bisnis sewa mobil di Surabaya yang cukup kuat mendorong banyak
kompetitor melakukan cara yang hampir sama. Karenanya, untuk sementara
ini kami tidak terlalu agresif melakukan akuisisi dan pembelian aset
perusahaan sewa mobil.
Diperkirakan pada saat ini terdapat 1,5
juta kendaraan operasional yang dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan
di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sekitar 400.000 unit merupakan
kendaraan yang disewa dari berbagai perusahaan sewa mobil di Surabaya.
Pertumbuhan bisnis sewa mobil di Surabaya juga dipengaruhi oleh
bertambahnya perusahaan multinasional yang berinvestasi di Surabaya.
Seperti dari Jepang, Amerika Serikat,
dan Eropa. Perusahaan- perusahaan itu memilih menggunakan jasa sewa
mobil di Surabaya. Belakangan strategi itu mulai diikuti
perusahaan-perusahaan Indonesia. Penggunaan jasa sewa mobil di Surabaya
dianggap lebih menguntungkan. Selain tidak mengganggu modal kerja, nilai
aset perusahaan tidak terdepresiasi terlalu besar.
Selain itu, bisnis sewa mobil juga
membantu meningkatkan pertumbuhan industri automotif. Karena hampir
setiap tahunnya, perusahaan-perusahaan rental berkapitalisasi besar
membeli kendaraan baru. Baik untuk kepentingan peremajaan armada maupun
karena mendapatkan kontrak baru dari sebuah perusahaan besar.
Analisa penulis mengatakan, potensi
bisnis sewa mobil di Indonesia masih sangat besar. Karena masih banyak
perusahaan maupun instansi pemerintah yang belum mempergunakan jasa sewa
mobil. Padahal jika dihitung secara matematis, sewa mobil jauh lebih
efisien bila dibandingkan dengan membeli.
Dengan sewa mobil di Surabaya, lanjut
dia, perusahaan ataupun instansi terkait tidak perlu lagi mencadangkan
biaya untuk perbaikan dan perawatan kendaraan, sehingga dananya bisa
dialihkan untuk ekspansi ataupun memperkuat usaha. Selain itu, sewa
mobil juga bisa mendukung mobilitas setiap orang termasuk para pekerja
dan pelaku bisnis di Surabaya.
Rata-rata pertumbuhan usaha sewa mobil
di Surabaya sekitar 10-15%. Untuk tahun ini, kemungkinan besar
pertumbuhannya menurun drastis dengan rata-rata pertumbuhan bisnis sewa
mobil di Surabaya di tahun sebelumnya. Ini disebabkan oleh kondisi
ekonomi global yang kurang baik, tingkat bunga yang relatif masih tinggi
serta inflasi,” jelas penulis.
Menurut penulis, pertumbuhan bisnis sewa
mobil bisa jauh lebih baik lagi, jika pemerintah pusat ataupun daerah
memiliki kebijakan yang mendukung bisnis sewa mobil, diantaranya memilih
mempergunakan mobil sewa untuk operasional sehari-hari. Dan pada saat
ini, belum banyak pemerintah daerah yang telah mempergunakan jasa sewa
mobil di Surabaya.
Peluang usaha ini semakin meningkat dari
tahun ke-tahun. Hal ini sering dengan kebutuhan sewa mobil di Surabaya
sebagai trend ekspansi perusahaan untuk mengembangkan sayap di Surabaya
dan semakin hari semakin meningkat. Masyarakat menginginkan segala
sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga memilih mobil untuk
mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan.
Yang terpenting dalam menjalankan bisnis
sewa mobil di Surabaya ini adalah selalu melihat situasi dan kondisi,
terus melakukan inovasi, memberdayakan dan mengoptimalkan sosial media
sebagai media promosi, dan yang terakhir, melakukan evaluasi dan
perbaikan terhadap kinerja menajemen dan serta driver sebagai ujung
tombak bisnis jasa sewa mobil di Surabaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar